TIPS PERSIAPAN BILA MAU BERLIBUR KE PULAU

Pemandangan di Salah Satu Sudut Kota Sabang
Akhir-akhir ini kunjungan wisatawan ke Pulau Sabang cukup meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Pulau Sabang sebagai salah satu pulau terluar memang sangat layak dikunjungi karena menyimpan beragam keindahan alam dan lautan yang mungkin tidak akan dijumpai di tempat lain.

Nah bagi Anda yang baru pertama sekali berkunjung ke pulau, ada baiknya Anda menyiapkan diri beberapa hal yang mungkin akan berguna bagi Anda disana. Kehidupan pulau memang akan sedikit berbeda dengan daratan lain, ada aktivitas tertentu yang bila terlewatkan akan memakan waktu tunggu yang lama seperti jadwal kapal yang kadang hanya berlayar sekali sehari bila cuaca kurang mendukung.

Karenanya Blog Sabang Island akan berbagi Tips Persiapan Berlibur di Pulau bagi Anda yang punya rencana liburan ke Sabang, silahkan disimak :

Siapan Dana yang Cukup
Dana yang saya maksud disini tentunya dana cash yang perlu dan akan Anda habiskan selama berada di pulau tujuan. Untuk Sabang, tersedia beberapa Bank di pusat kota yaitu BRI, Bank Aceh, Mandiri, BSM dan BNI. Namun bila tujuan Anda lebih banyak di pantai yang jauh dari kota ada baiknya siapkan uang cash secukupnya.

Jangan Lupa Sarapan
Bagi yang ingin mengunjungi Sabang ada baiknya sarapan dulu agar tidak masuk angin diatas kapal. Kalau ke Sabang anda naik ferry ASDP, tersedia sarapan di kantin kapal, tentunya ini berlaku bagi Anda yang tidak mabuk laut, bagi yang tidak tahan goyangan lebih baik sarapan di pelabuhan baik Ulee le (saat menuju ke Sabang) maupun Balohan (saat pulang dari Sabang).

Bawa Baju Ganti Secukupnya
Tentunya Anda butuh baju buat ganti, apalagi bila ingin berlibur beberapa hari di pulau tersebut. Bagi Anda yang berkunjung ke Pulau Sabang dan tak mau repot tersedia beragam baju sabang yang dijual ditempat-tempat wisata. Baju-baju ini juga bisa menjadi oleh-oleh untuk Anda jadikan hadiah untuk keluarga.

Takut Kulitnya Hitam? Jangan lupaSunblock
Meski di Kota Sabang udaranya tidak terlalu panas, namun ada baiknya menyiapkan sunblock. Tapi bila Anda lupa tidak masalah karena saya sudah lama di Sabang kulit masih putih kok (bila dibandingkan aspal tentunya)

Perlengkapan Menyelam/Berenang
Salah satu yang diincar wisatawan saat berkunjung ke pulau biasanya kegiatan mandi laut dan menyelam. Untuk kegiatan ini tentunnya Anda butuh perlengkapannya baik baju ganti maupun alat Snorkeling. Di Pulau Sabang, peralatan ini banyak tersedia dan disewakan untuk pengunjung, jadi bagi Anda yang tidak mau repot silahkan cari saat berkunjung ke pantai yang ada di Sabang. Untuk pakaian renang disini belum familiar jadi bila berkunjung ke suatu pantai lihat kiri kanan dulu bila mau pakai pakaian renang, jangan sampai hanya Anda yang pakai nanti jadi pusat perhatian. 

Perlengkapan Mandi
Mengingat di pulau biasanya agak susah menjumpai perlengkapan mandi yang cocok untuk Anda, ada baiknya Anda membawa sendiri perlengkapan mandinya terutama handuk dan sabun dan sejenisnya. Bagi Anda yang berlibur ke Sabang dan tidak mau repot dan tidak bermasalah dengan merek, perlengkapan mandi bisa Anda beli di pertokoan jalan perdagangan Sabang.

Gunakan Alas Kaki
Pantai yang ada di pulau biasanya banyak terdiri dari karang dan kerikil. Untuk Kota Sabang, dibeberapa pantai juga ada Bulu Babi, jadi bila Anda berjalan-jalan lebih baik mengunakan alas kaki berupa sandal agar kaki Anda aman dari bahaya.

Makanan / Minuman
Meskipun kadang makanan dan minuman tersedia di pantai, namun ada beberapa pantai di pulau yang jauh dari pemukiman penduduk dan pedagang. Jadi ada baiknya anda menyiapkan minuman / makanan sekedar menganjal perut agar tidak lapar saat di pantai (biasanya makanan / minuman yang dijual di lokasi wisata lebih mahal dari yang biasanya, jadi bisa berhemat juga)

Kamera / Smartphone dan Aksesorisnya
Kamera berguna untuk mengabadikan moment indah saat kita berada di pantai atau lokasi lain di pulau. Saat ini fungsi kamera banyak terdapat di smartphone yang tidak kalah kualitasnya dari kamera saku. Bila Anda berkunjung ke pulau Sabang, Anda akan menyesal bila tidak membawa peralatan ini karena beragam keindahan alam akan lewat didepan mata tanpa dapat Anda dokumentasikan untuk ditunjukkan kepada handai taulan yang belum pernah kesini. Jangan lupa juga membawa charger plus powerbank ya....

Tempat Sampah
Meski kesannya sepele, banyak wisatawan yang membuang sampah sembarangan, jadi bagi yang berkunjung ke pantai dan membawa makanan, ada baiknya menyiap tempat sampah berupa kresek yang memudahkan Anda membuang sampah pada tong-tong yang tersedia yang mungkin agak sedikit jauh dari tempat Anda bersantai.

Cari Info Sedetail-detailnya
Terakhir, bila Anda ingin berlibur ke pulau, ada baiknya Anda cari info sedetil-detailnya tentang pulau tersebut terutama tentang akomodasi dan transportasi. Untuk Kota Sabang transportasi saat ini hanya lewat laut baik dengan Kapal Cepat maupun Kapal Lambat (istilah kapal sesuai dengan kecepatan jalannya). Dan juga bila di akhir pecan atau akhir tahun, penginapan di Kota Sabang sering penuh, jadi jangan sampai liburan Anda gagal hanya karena Anda kurang info tentang tempat yang dituju

Sekian postingan tentang Tips Persiapan Bila ingin Berlibur di Pulau, semoga bermanfat. Mumpung belum akhir tahun, ayo rencanakan liburan akhir tahunmu kali ini ke Sabang.

Sumber Artikel : diolah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "TIPS PERSIAPAN BILA MAU BERLIBUR KE PULAU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel