SABANG, SEBONGKAH SURGA PARIWISATA BAHARI DI UJUNG ACEH INDONESIA

Bicara tentang Wisata Bahari di Aceh tanpa menyebutkan Sabang maka tidak sempurna karena meski belum setenar Bali atawa Raja Ampat, Sabang memiliki semuanya. Dengan Panorama Laot yang bening bak kaca dan Hutan Alami yang masih terjaga maka tidaklah salah ketika sebahagian pengunjung yang pernah hadir di Sabang menyebutnya sebongkah Surga.

Bagi Anda yang pernah mengunjungi Sabang tentu bila orang membicarakan tentang keunikan Sabang, Anda akan langsung terbayang ke beberapa tempat yang memang saat ini menjadi primadona kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar Negara. Tapi bagi yang belum pernah hadir berkunjung, maka tidaklah terlambat bila Liburan mendatang Anda memprioritaskan kunjungan liburan Anda ke Sabang.

Dahulu saat-saat awal Bencana Gempa dan Tsunami melanda wilayah Aceh, transportasi ke Kota Sabang memang masih menjadi kendala baik dari segi jumlah maupun kualitasnya. Namun saat ini tersedianya cukup banyak transportasi baik dari Laut maupun Udara, begitu juga untuk memutari Pulau tersedia banyak pilihan moda angkutan yang siap disewa oleh pendatang. 

Nah mengingat diatas kita bicara Bahari tentunya tulisan ini akan berfokus pada keindahan pesisir laut yang akan Anda temui bila berkunjung ke Sabang. Keindahan-keindahan “Pesona Bahari Sabang” yang akan tersaji dalam beberapa gambar berikut ini adalah keindahan yang masih belum banyak terjamah sentuhan manusia. Foto-foto yang saya sajikan adalah bidikan kamera hape saya beberapa bulan bahkan tahun lalu. Jadi bila saat Anda hadir di Sabang dan melihat sudah banyak perubahan, tentunya perubahan menjadi “Lebih Baik” maka tentu Anda akan semakin cinta dan terkesan dengan Kota Seribu Benteng ini.

Berikut beberapa keindahan dan keunikan Sabang dalam untaian foto amatir yang saya abadikan melalui kamera ala kadar.

Anoi Itam
Salah satu lokasi pantai yang layak dikunjungi di Sabang adalah pantai Anoi Itam. sesuai dengan namanya pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam. lokasi yang mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan membuat pantai ini ramai dikunjungi warga lokal dan pendatang terutama pada hari libur. Keunikan lokasi ini selain bisa berenang dilaut, kita juga bisa menikmati panorama lautan luas dari puncak bukit yang disana juga ada sebuah Benteng peninggalan Jepang. Disamping itu, bila berkunjung ke pantai ini jangan lupa mencicipi Rujak Anoi Itam yang terkenal, dijamin bakal ketagihan. Nah bagi yang baru berkunjung, lokasi pantai ini bisa diakses baik dari kota dengan menyusuri jalan dari Ie Meulee atau langsung dari Pelabuhan Balohan melewati jalan kelok yang berada disisi kanan pelabuhan. Selamat Menikmati Rujak dan jangan lupa ajak-ajak kita juga ya....

Pesona Pasir Hitam (Anoi Itam)
Rujak Anoi Itam yang melegenda
Keindahan Anoi Itam dari Puncak Benteng Jepang Anoi Itam

Iboh : Teupin Layeu
Pantai Teupin Layeu atau bagi sebahagian besar terutama wisatawan menyebutnya Pantai Iboih. Dari pantai ini kita bisa memandang diseberang pulau kecil bernama Pulau Rubiah. Dengan lautnya yang bening bak kaca serta lautnnya yang dangkal membuat banyak wisatawan ingin berlama-lama disini.
Memang harus diakui, pantai Iboih menjadi tujuan utama para wisatawan karena disini tersedia banyak pilihan terutama pilihan bagi yang suka menyelam. Bagi yang tidak bisa berenang namun ingin melihat ikan dan terumbu karang, tersedia perahu kaca yang akan mengantarkan anda berkeliling sambil melihat-lihat keindahan ikan dan laut disekitar pulau rubiah. Untuk mencapai lokasi ini cukup mudah karena Pantai Iboih berada di jalan menuju KM 0. Bagi yang baru datang pertama kali jangan sungkan untuk bertanya, Alhamdulillah penduduk Sabang ramah-ramah dan akan membantu Anda memberikan informasi kemana tujuan Anda.

Suasana Salah Satu Pantai di Iboih dengan Latar Pulau Rubiah

Tapak Gajah - Ie Meulee
Pantai yang satu ini memang belum banyak yang tahu, letaknya cukup dekat dengan kota. Bisa diakses dari Simpang SMA 1 Sabang Ie Meulee ke arah Tapak Gajah. Lokasi persisnya berada di belakang Meunasah Jurong Keuramat Ie Meulee. Lokasi yang cocok buat mandi bagi anak-anak karena tidak langsung diterpa ombak laut. Hanya saja, untuk dapat mandi disini usahakan datang pada saat air pasang, kalau air surut air dilokasi ini juga surut. Disamping lokasi pantai, terdapat sebuah Benteng Peninggalan Jepang yang telah dipugar.


Benteng Jepang di Pantai Tapak Gajah


Pantai Kasih - Kuta Ateuh
Pantai yang satu ini juga tidak kalah cantiknya, dengan hamparan pasir putih dan pandangan laut lepas dengan Pulau Rondo sebagai view yang membuat mata menjadi rileks. Pantai Kasih mudah dijangkau karena berada di seputaran kota berbatasan dengan paradiso dan Sabang Fair. Meski letaknya agak tersembunyi namun pantai ini layak untuk Anda kunjungi.

Sumur Tiga - Ie Meulee
Salah satu favorit anak-anak saya adalah pantai Sumur Tiga. Lokasinya yang mudah dijangkau dari pusat kota ditambah adanya bermacam hotel dan bungalow disekitar lokasi menjadikan Pantai Sumur Tiga kini menjadi favorit baru bagi wisatawan. Pantai dengan air laut yang bening serta hamparan pasir putih membuat anak-anak betah bermain. Jadi Bila Anda sempat ke Sabang jangan lupa singgah juga ke Pantai ini.

Tentunya keindahan dan Keunikan Sabang tidaklah hanya sebatas deretan foto-foto yang ada diatas, foto tersebut hanya secuil dari segunung keindahan Sabang dan Pesona Bahari nya yang sempat terekam. Karenanya tidak salah sekali lagi saya mengajak "Ayo Liburan ke Sabang". Jangan mengaku sudah keliling Indonesia kalau Sabang belum Anda singgahi. Salam Kompak dari Ujung Sumatera untuk Indonesia

Sumber Foto : Milik Pribadi

Belum ada Komentar untuk "SABANG, SEBONGKAH SURGA PARIWISATA BAHARI DI UJUNG ACEH INDONESIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel