TIPS MEMILIH OBJEK WISATA SERTA HEMAT SAAT BERLIBUR

Meski tidak serumit memilih Jodoh, memilih objek wisata yang akan kita jajaki juga sangat perlu kehati-hatian. Hati-hati disini bukan dalam versi negative, tapi hati-hati agar perencanaan wisata kita dapat mencapai tujuan yang kita inginkan. Oleh karena itu berbekal hasil baca-baca, saya ingin berbagi tips memilih objek wisata serta tips hemat saat libur. Namun sebelum Anda menyimak tips berlibur ada baiknya Anda catat dulu pesan “Sabang adalah Tempat yang Paling Layak Saya Kunjungi” he he he meski berbau kampanye tapi saya serius juga ini dalam rangka kampanye agar Sabang kota tercinta ramai dikunjungi.
Sausan di Depan Kapan Pesiar Armadea saat merapat di Pelabuhan Sabang
Nah mari kita simak Tips Memilih Objek Wisata Serta Hemat Saat Berlibur berikut ini :

1. Persiapkan Jauh-Jauh Hari Sebelumnya Hari H
Yang pasti, persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika anda mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari income bulanan anda selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan.

2. Pilih Tour Travel Yang Murah

Biasanya mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel bisa lebih murah. Namun jika anda ingin berpergian sendiri, ketahui dahulu seluk beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi point-point penting untuk dicatat.

3. Carilah Paket Promosi

Untuk biaya transportasi dan akomodasi, sangatlah baik jika anda bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. Anda dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.

4. Cari Objek Wisata yang Unik & Menarik

Cermatlah dalam memilih tempat rekreasi dan Objek Wisata. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi. Penulis merekomendasikan agar Pulau Weh Sabang dijadikan salah satu pilihan yang tepat mengingat keunikan dan keaslian wisata bahari di Pulau Weh masih sangat terjaga.

5. Carilah Tempat Makan/Restoran Harus Sesuai dengan Budget yang Disiapkan.

Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika anda memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap anda atau tempat terakhir anda sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula.


6. Carilah Tempat Oleh Oleh yang Murah

Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya bisa menghemat uang anda. Bila ke Kota Sabang, kerajinan atau soevenir bisa Anda peroleh di pusat kota dengan harga terjangkau (boleh nawar tentunya) dan untuk makanan seperti bakpia sabang yang terkenal Anda bisa membeli langsung ke Pabrik/Perajinnya yang terletak tidak jauh dari pusat kota.

7. Jangan Jajan yang Tidak Perlu

Jangan lupa, selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas anda. Selain lebih sehat, andapun terhindar dari jajan yang tidak perlu.

8. Bawalah Uang Saku Sesuai dengan Budget Anda

Bawalah uang saku sesuai dengan budget anda. Dan tetap catat semua pengeluaran anda selama perjalanan dari awal hingga akhir. Untuk kota Sabang, bila Anda tidak mambawa uang dalam bentuk Cash tersedia beragam Bank dan ATMnya seperti Bank Aceh, Bank Mandiri, Bank Mandiri Syariah, Bank BRI, Bank BNI atau Kantor Pengadaian (he he he)

9. Pertimbangkanlah Untuk Berpergian Pada Masa “low season”

Jika anda dan keluarga mempunyai fleksibilitas waktu, pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa “low season”. Anda bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa anda dapatkan pada masa “high season” liburan.

10. Sesuaikan dengan Budget Anda

Jika budget anda saat ini tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan didalam kota bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik.

Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak anda terutama di Banda Aceh, Sabang dan sekitarnya. Bahkan rumahpun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi anda sekeluarga. Buatlah acara/kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan anda sekeluarga dirumah. Yang penting, berpikir kreatif dan merasa bahagia menjadi kunci untuk dapat menikmati masa liburan anda.


Sumber tulisan : http://www.kaskus.co.id

Belum ada Komentar untuk "TIPS MEMILIH OBJEK WISATA SERTA HEMAT SAAT BERLIBUR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel